konsumsi-susu-kambing-berprotein

Susu Kambing VS Susu Sapi Mana Yang Lebih Baik

Susu Kambing VS Susu Sapi baik susu kambing dan sapi secara alami mengandung kalsium tinggi. Dengan kandungan kesembilan asam amino esensial yang diperlukan untuk produksi energi, untuk perbaikan jaringan, dan pembentukan otot. Baik susu kambing dan sapi juga secara alami mengandung kalsium tinggi.

“Kedua jenis susu menyediakan sekitar sepertiga dari kebutuhan harian kita untuk kalsium,”

Perbedaan susu sapi dan susu kambing

Susu kambing memiliki kandungan lemak dan kalori yang sedikit lebih banyak secara nutrisi, tetapi juga mengandung lebih banyak vitamin, mineral dan protein dibandingkan susu sapi.

Perbedaan utama keduanya terletak pada rasanya. “Meskipun susu sapi cukup netral, susu kambing memiliki rasa ‘kaku’ yang berbeda yang perlu dibiasakan,” kata Largeman-Roth.

“Anda mungkin juga merasa lebih mudah memperkenalkannya kepada anak-anak sebagai smoothie atau segelas susu segar.” Susu kambing juga lebih mudah dicerna daripada susu sapi karena ukuran gumpalan lemaknya.

“Meski jumlah total lemaknya sama, namun gumpalan lemak pada susu kambing lebih kecil dibandingkan susu sapi dan lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan,” ujar Largeman-Roth.

Baca Artikel Alergi Susu Sapi Pada Anak Balita

Susu kambing juga mengandung gula alami yang sedikit lebih sedikit (disebut juga laktosa), yang dapat mempermudah pencernaan bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa.

“Dibandingkan susu sapi, susu kambing mengandung vitamin A, riboflavin, kalsium, potasium, dan niasin dalam jumlah lebih tinggi,” kata Stefanski.

Susu kambing juga lebih mudah dicerna karena sedikit lemak dan kandungan laktosa yang sedikit lebih rendah. Meski susu kambing mungkin bermanfaat untuk orang dewasa, Stefanski mengatakan itu belum tentu lebih baik untuk bayi.

Hingga usia 1 tahun, bayi hanya boleh minum ASI atau susu formula. Namun selanjutnya, dia mengatakan bahwa anak yang alergi susu sapi kemungkinan besar juga tidak toleran terhadap susu kambing atau unta.

Dalam kasus ini, anak dapat memperoleh manfaat lebih banyak dari susu nabati yang diperkaya.

Manfaat Susu Kambing untuk Balita

Susu kambing untuk balita dapat memberi manfaat, misalnya meningkatkan daya tahan anak. Meski begitu, tetap ada beberapa hal yang perlu Mama dan Papa perhatikan sebelum memberikan susu kambing untuk balita.

Berikut ini beberapa khasiat susu kambing bagi balita:

  • Membantu menjaga fungsi usus
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh berkat selenium di dalam susu kambing, minum secara rutin bisa mencegah risiko penyakit infeksi
  • Trigliserida dan asam lemak di dalam susu kambing bantu menjaga kelembapan kulit
  • Vitamin A pada susu kambing dukung perbaikan sel-sel kulit
  • Asam laktat susu kambing membantu membersihkan sel-sel kulit mati

Susu Kambing VS Susu Sapi – Beberapa penelitian mengatakan susu kambing tergolong lebih “bersahabat” soal alergi dibandingkan susu sapi. Jika balita alergi susu sapi, bisa jadi ia tidak alergi susu kambing.

Tetapi, pemberian susu kambing untuk balita perlu dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anak. Tindakan ini dilakukan agar susu kambing benar-benar mampu memberikan pasokan gizi yang sepenuhnya bermanfaat untuk si kecil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *